Kamis, 29 Maret 2012

Tiga pila utama organisasi



Dimana-mana yang namanya kunci itu pasti penting fungsinya. Kalau kita bisa bisa gunakan pasti jalan atau sebaliknya kalau tidak bisa pakai iya pastinya berhenti. Misalnya motor, mobil itu awal untuk menjalankan pasti butuh kunci. Hehe iya kan,,
Layaknya sebuah kendaraan organisasi juga terdiri dari berbagai unsur. Jika kendaraan agar bisa jalan dia butuh beberapa perangkat seperti harus ada bahan bakar, roda, mesin serta pemakainya. Maka organisasi juga tak lain sama. Organisasi butuh orang-orang untuk menjalankanya. Sekilas pengertian organisasi adalah sekumpulan orang-orang saling berinteraksi, dalam satu system untuk mencapai suatu tujuan.
Dalam struktur organisasi ada jabatan tertinggi sebagai coordinator yang berperan pemegang tanggung jawab secara keseluruhan. Misalnya dalam organisasi kampus adanya ketua, kemudian jika organisasi perusahaan adanya direktur. Meskipun demikian dalam proses melaksanakan sebuah agenda kerja dibutuhkan semua anggotanhya. Maka dibentuklah beberapa departemen atau divisi. Devisi ini mempunyai action plan atau program kerja masing-masing. Setiap divisi ada coordinator yang bertanggung jawab terhadap kinerja tugasnya. Antara divisi yang satu dengan lainnya. Saling bekerjasama meskipun di satu sisi mereka berbeda program kerjanya. Tetapi secara keseluruhan pada tujuan akhirnya adalah terciptanya visi dan misi organisasi tersebut.
Perjalanan organisasi dalam melaksanakan agenda program kerja, seringkali terbentur dengan problem, di tengah jalan agenda yang seharusnya, bisa diselesaikan sesuai jadwal tetapi terkadang tertunda akibat ada kendala. Dan pada akhirya programnya tidak jalan. Standart operasional prosedur jadi terabaikan. Kurangnya komunikasi serta kesadaran akan pentingnya penyelesaian tugas tidak di laksanakan dengan baik oleh anggota. Hal ini menjadi penghambat. Selain itu motivasi kerja menjadi menurun akibat berbagai banyak problem yang tidak bisa diselesaikan.
Perbedaan dalam organisasi juga bisa menjadi pemicu konflik, tetapi wajar memang jika dalam organisasi itu selalu ada perbedaan terutama perbedaan cara sudut pandang. Seperti kita kaji dari awal bahwa organisasi itu terdiri dari berbagai macam orang, tentunya akan banyak karakter serta prespesi tiap individu dalam melihat dari sebuah permasalahan.
Disamping itu tidak displin seorang pemimpin adalam mencerimankan contoh yang kurang baik terhadap anggotanya. Maka tidak heran jika ada keterlambatan dari setiap pekerjaan, yang diselesaikan tidak tepat waktu oleh anggota. Di sisi lain pemimpin meminta cepat diselesaikan tetapi dia tidak pernah bisa menjadi figure atau contoh yang baik dalam keberlangsungan organisasi.
Organisasi juga butuh penyegaran seperti halnya tubuh harus tetap sehat. Orang-orang yang menjalankan organisasi butuh motivasi. Perlu adanya siraman rohani, untuk diadakan oleh sebuah organisasi agar SDM (sumber daya manusia) menjadi bangkit kembali dalam melaksanakan program kerja.
Ada tiga pokok kunci utama organisasi ini dikatakan bisa maju atau mundul, tergantung tiga pokok kunci tersebut. Jika tiga kunci itu tidak ada dalam sebuah organisasi maka dapat dipastikan organisasi itu pasti tidak akan berjalan.
1.       Figure
Setiap organisasi ada struktur kepengurusan yang didalam terdapat orang-orang yang dapat dikatakan bisa memberikan contoh kepada anggotanya. Biasanya orang-orang seperti ini menjabat sebagai kordinator, apapun yang dilakukan oleh coordinator akan membuat dampak yang menjadikan sebuah contoh bagi yang melihatnya yaitu para anggota. Sikap dari coordinator akan dinilai oleh penghuni lingkungan organisasi. Maka sikap yang baik, secara tidak langsung akan membawa dampak baik terhadap perubahan yang ditiru oleh anggotanya
2.       Penggagas
Setiap penyusunan program acara di butuh ide kreatif, organisasi yang tidak bisa memunculkan idea tau gagasan maka tidak akan tercipta sebuah program kerja. Gagasan ini dibutuhkan untuk membuat dan menyusun program kerja. Maka dibutuhkan gagasan dari seluruh perangkat struktur organisasi, untuk menyusun rencana program kerja. Hal ini sangat diperlukan karena nantinya gagasan tersebut akan dijadikan konsep sebagai acuan agenda program. Tanpa ide pasti organisasi itu akan mengalami kebuntuhan dan macet, akibatnya programnya tidak akan jalan. Para penggagas sangat dibutuhkan dalam organisasi. Karena orang-orang ini yang mampu menciptakan idea tau gagasan dalam menyusun sebuah konsep program kerja.
3.       Penggerak
Pelaksanaan rencana program kerja dibutuhkan seorang penggerak. Tidak hanya konsep saja, meskipun dari ide cemerlang kemudian tersusun sebuah konsep yang matang. Tetapi tanpa dilakukan maka program tersebut tidak akan terlaksana. Dibutuhkan motivasi sebagai penggerak sebagai pelaksana program. Dibutuhkan motivator yaitu orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk memberikan dorongan kepada anggotanya. Spirit kerja ini akan muncul seiring adanya hasrat dalam diri anggota telah muncul untuk melaksanakan tugasnya.  
Jadi jika anda hari termasuk dalam kepengurusan organisasi baik social maupun organisasi perusahaan. Anda perlu memahami ketiga kunci pokok tersebut. Pantaskan diri anda. Untuk menempati posisi mana kira-kira yang cocok dengan karekater kepribadian anda.   

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

Blogroll

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal